Mohon maaf, blog ini sedang dalam tahap renovasi pembaharuan link.

Resource Manager RMVX

| | 0 komentar

Sekarang, saya akan membahas tentang penggunaan Resource Manager pada RPG Maker VX. Mungkin Tutorial ini akan sedikit berguna bagi para Newbie.

Resource Manager, adalah suatu fitur yang disediakan oleh Developer Game anda untuk memasukkan file atau data seperti Animation, Charsets, Facesets, dsb. selain yang disediakan oleh Developer Game anda.

"Dimanakah letak fitur Resource Manager dan seperti apa rupanya?"
Resource Manager terletak di Toolbar atas (jika pada RMVX, karena saya tidak pernah menggunakan yang lain) yang diwakilkan oleh Icon berbentuk kubus berwarna merah, tabung berwarna biru, dan lingkaran berwarna pink.

Tapi, ada berbagai cara untuk membuka fitur Resource Manager, yaitu:
- Klik menu Tools pada Menu Bar, lalu klik Resource Manger.
- Tekan F10 pada keyboard komputer anda.
- Dengan membuka file pada Hard Disk anda, yang ini nanti akan saya jelaskan.

Jika kita sudah masuk ke dalam Setting Resource Manager, akan muncul beberapa tulisan seperti gambar ini:


  1. Graphics/Animations: Yaitu tempat dimana anda dapat mengimport dan mengexport file atau data dalam jenis animasi. Contoh: Attack1, Attack2, ...
  2. Graphics/Battlers: Yaitu tempat dimana anda dapat mengimport dan mengexport file atau data dalam jenis petarung. Contoh: Angel, Assassin, ...
  3. Graphics/Characters: Yaitu tempat dimana anda dapat mengimport dan mengexport file atau data dalam jenis karakter. Ingat! Karakter RMVX harus sesuai ukurannya dengan sample yang disediakan oleh RMVX, (96x128 px) tetapi nama file harus ditaruh simbol $ di depan nama filenya. Contoh: $MichaelJackson.png. Tetapi anda juga dapat menaruh 8 karekter yang digabungkan menjadi yang namanya Charsets. (ukuran 384x256 px)
  4. Graphics/Faces: Yaitu tempat dimana anda dapat mengimport dan mengexport file atau data dalam jenis muka karakter. Ingat! Muka RMVX harus sesuai bentuknya dengan sample yang disediakan oleh RMVX dan berbentuk 8 muka. (ukuran 384x192 px)
  5. Graphics/Parallaxes: Yaitu tempat dimana anda dapat mengimport dan mengexport file atau data dalam jenis pemandangan background. (ukuran 480x480 px)
  6. Graphics/Pictures: Yaitu tempat dimana anda dapat mengimport dan mengexport file atau data dalam jenis gambar. Yaitu gambar yang ingin dimasukkan ke dalam template pada game. (ukuran bebas, asalkan jangan berlebihan)
  7. Graphics/Systems: Yaitu tempat dimana anda dapat mengimport dan mengexport file atau data dalam jenis gambar sistem-sistem pada game anda. Tapi nama dan ukuran file tidak boleh berubah jika ingin dipakai. Contoh: Balloon, BattleFloor, ...
  8. Audio/BGM: Yaitu tempat dimana anda dapat mengimport dan mengexport file atau data dalam jenis musik berformat MIDI untuk dipasang dalam game anda.
  9. Audio/BGS: Yaitu tempat dimana anda dapat mengimport dan mengexport file atau data dalam jenis musik suasana berformat Ogg Vorbis untuk dipasang dalam game anda.
  10. Audio/ME: Yaitu tempat dimana anda dapat mengimport dan mengexport file atau data dalam jenis musik kondisi berformat MIDI untuk dipasang dalam game anda.
  11. Audio/SE: Yaitu tempat dimana anda dapat mengimport dan mengexport file atau data dalam jenis efek suara berformat Ogg Vorbis untuk dipasang dalam game anda.
  12. Import: Adalah menu untuk mengambil file atau data yang dipilih dari Hard Disk anda ke dalam game anda.
  13. Export: Adalah menu untuk mengeluarkan file atau data yang dipilih dari template game anda ke dalam Hard Disk anda.
  14. Preview: Untuk menampilkan file image yang dipilih
  15. Delete: Untuk mmenghapus file yang terdapat pada Resource Manager
  16. Close: Untuk keluar dari jendela Resource Manager.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2011. All rights reserved | www.techiru.com is proudly powered by Style Logic | My_Creation