Mohon maaf, blog ini sedang dalam tahap renovasi pembaharuan link.

Tutorial RPG Maker XP

| | 7 komentar

RMXP adalah software yang dibuat oleh enterbrain untuk kita agar kita bisa membuat game RPG sesuai dengan keinginana kita, namun sayangnya, untuk yang pertama kali memakainya cukup sulit untuk mengerti bahkan menu help tidak terlalu membantu.

ini tutorial yang pertama, well ttg RPG Maker XP(RMXP) memang banyak ada tutorialnya tapi karena kebanyakan english ya jadi susah ngerti jadi ya saya coba berikan tutorial yang pake bahasa indo, semoga bisa membantu

Basic: Pengenalan
ok in halaman pertama yang kita lihat setelah kita membuka dan melaksanakan opsi new. 

untuk sekarang saya hanya menjelaskan fungsi dari toolbar yang ada, untuk mapping,even, dan basic yang lain akan saya jelaskan pada kesempatan mendatang.

Saya jelaskan dari kiri ke kanan.
New
Membuat project baru.
Open

Membuka project yang telah ada
Save 

Menyimpan Project
Cut

Memotong tileset atau event
Copy 

Mengcopy tileset atau event
Paste 

Meng-paste tileset atau event yang telah di copy/cut

Untuk toolbar di bawah ini saya hanya penjelasan singkat (amat singkat) karena akan saya jelaskan pada Basic : Mapping.

Layer 1: memilih layer 1 untuk pengerjaan tileset
Layer 2: memilih layer 2 untuk pengerjaan tileset
Layer 3: memilih layer 3 untuk pengerjaan tileset

Event Layer

Memilih event layer untuk pengerjaan event
Pencil

Menggambar tileset dengan pensil
Square

Menggambar tileset dengan seleksi persegi
Rounder

Menggambar tileset dengan seleksi lingkaran
Fill

Mengisi layer dengan tileset yg telah diseleksi
Selection

Menyeleksi tileset atau event

Toolbar di bawah ini berfungsi sebagai pusat data yang ada di project anda. Semua data baik BGM, tileset, engine game termasuk dalam toolbar ini.

Database
Pusat data untuk game (char,item,monster,status,dll)
Import

menambah atau mengurangi data untuk database
Script

Engine game, (system game)
Music

Mendengarkan BGM, ME, SE yang ada di database
PlayTest

Mengetest project yang anda kerjakan


Selamat Mencoba....

7 komentar:

Anonim mengatakan...

alaa elek ~x( cemen :)) 8-}

Anonim mengatakan...

gan coy jan lucu gampang =)) hahahahhahahahahahahha :)) :))
=)) =))

Anonim mengatakan...

aku bayu skak tapi aku kate ngae games skak :-t x(

Anonim mengatakan...

viking laris 24 januari 2013 laris laris rek viking man viking man 8-}
sek aku nelpon :)]

Anonim mengatakan...

senengggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggg
gan aku minta earthbound starter kit bukan game yang mbuat
besok buatin yah kalo ngak aku :(( kalo iya aku :))

Anonim mengatakan...

/\ | /
/ \ | /
/ \ |/
/ \ |\
/_____\ | \
/ \ | \ U Gak Bisa :(( :(( :(( :(( :((

Anonim mengatakan...

/\KU KOK B|S/\ H|H|H|H| GARA GARA BANYAK MAKAN 50515
:D

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2011. All rights reserved | www.techiru.com is proudly powered by Style Logic | My_Creation