Halo sori kalau update tutorial ini cukup lama coz sibuk ma sekolah yah thx wat yg memberi comment sehingga nambah motivasi wat ngerjain tutorial ni.
Sorry ga tau sapa namanya!
OK!!, sekarang kita akan belajar tentang NPC(non playable Character)
Untuk penggemar RPG tentu tidak asing dengan yang namanya NPC kan??
Sekarang mari kita mulai membuat NPC
Pada peta kita klik new event
Ubah nama event menjadi NPC
lalu pada 'Graphic' kita pilih sprite NPC yg ingin kita buat
Pada peta kita klik new event
Ubah nama event menjadi NPC
lalu pada 'Graphic' kita pilih sprite NPC yg ingin kita buat
Ok lalu kita coba test play maka akan seperti ini
Maka kita telah mempunyai NPC
Mudah Bukan??
Selesai sudah tutorial kali ini, cukup pendek bukan?
Oke, itu tadi becanda (well kalo cuma buat NPC emank segitu doank dasarnya)
Memang sudah selesai tapi yang kita buat sebelumnya hanyalah makhluk
yang tak berperasaan dan tidak memiliki emosi apalagi cinta(what the!?)
Baiklah lupakan yang tadi, sekarang kita lanjutkan NPC kita agar tampak lebih hidup.
well secara yg kita buat tadi cuma tubuhnya doank, jadi kita buat otaknya.
Pada NPC yg telah kita buat klik kanan dan pilih edit event.
Lalu pada 'list of event command' pilih 'show text'
lalu ketik teks yang ingin kita buat
Setelah maka setelah test play maka hasilnya seperti ini
Dengan ini maka NPC yang telah kita buat sekarang sudah bisa berbicara! (*applause*)
Kita juga bisa menambahkan variasi seperti ini
dan terlihat seperti ini
Mengisi nama dalam teks percakapan cukup penting karena akan menimbulkan kesan bahwa NPC yang kita
hidup, selain itu juga penting dalam percakapan antar karakter sehingga jelas siapa yang berbicara.
Selain itu kita juga bisa merubah warna teks dengan menambah kan teks '\c[masukan digit 1-7]'
misalkan kita ingin teks berwarna merah maka
hasilnya
hanya disediakan 7 digit dari 0 sampai 7
0 untuk warna putih, 1 untuk warna biru dan seterusnya.
Kita bisa memberi warna pada setiap teks, bisa juga seperti ini
0 untuk warna putih, 1 untuk warna biru dan seterusnya.
Kita bisa memberi warna pada setiap teks, bisa juga seperti ini
Maka
Oke cukup tentang talking NPC sekarang kita buat agar NPC kita bergerak
alias walking NPC
Pada Menu event NPC cari 'Autonomous Movement'
Disana kita akan mendapat 4 pilihan
alias walking NPC
Pada Menu event NPC cari 'Autonomous Movement'
Disana kita akan mendapat 4 pilihan
Berikut penjelasan dari 4 pilihan
*Fixed = Tidak bergerak sama sekali alias hanya diam menjadi patung.
well jika hanya ingin membuat npc berdiri, ini dia pilihannya.
*Random = Bergerak secara acak, ya acak, baik itu event maupun npc yg kita buat akan
bergerak secara acak. cocok untuk yg senang membuat game dimana monsternya
kelihatan di map dan malas men set route event.Jika malas membuat move route npc
karena repot, gunakan ja ini
(not recommend though, well walau kadang q jg make :p)
*Approach = Bergerak ke arah karakter utama, Menyenangkan buat yang senang buat map
dimana ecounternya bukan random alias monsternya terlihat di map
coba buat monster sebanyak yang bisa dibuat lalu gunakan pilihan ini pada semua
monster, maka semua monster akan mengejarmu! menyeramkan....
btw paling jarang digunakan untuk npc.
*Custom = Bergerak sesuai dengan yang kita inputkan. Gunakan jika kita ingin agar
npc yang kita buat bergerak dengan pola.
Pilih saja sesuai kehendak. Fixed jika ingin npc hanya berdiri, random jika malas membuat pola geraknya
,approach jarang digunakan kecuali yang kita buat itu monster, custom jika ingin npc bergerak seperti yang
kita inginkan.
Btw bagi ingin membuat agar npc bisa bergerak seperti ini
Gini caranya :
pilih custom pada 'Autonomous Movement'
pada klik move route
lalu masukkan command seperti ini
maka npc yang kita buat sekarang bisa bergerak berputar.
jika kita ingin mengubah kecep. tinggal ubah pilihan
pada menu 'speed'
sedang kan 'freq' merupakan 'timing' atau jeda dari satu aksi ke aksi berikutnya.
Ok selesai sudah tutorial walking npc. singkat memang, karena yang kita pelajari cuma (menurutku si) dasar dari event npc. Akan lebih baik jika kita bereksperimen sendiri, karena dengan begitu kita mampu menghasilkan yang lebih bervariasi.
0 komentar:
Posting Komentar