Mohon maaf, blog ini sedang dalam tahap renovasi pembaharuan link.

Cara Membuat E-Book Dengan Menggunakan Mobipocket Creator

| | 1 komentar

Untuk memulai tutorial ini tentu aja kita memerlukan bahan yang akan dijadikan e-book. Bahan tersebut dapat berupa file berformat html, doc, txt, atau pdf. Terserah kamu mau pilih yang mana karena pada intinya semua file tersebut akan di-convert oleh MobiPocker Creator menjadi sebuah file html.


sekarang siapin tools-nya atau alat-alatnya.
  1. MobiPocket Creator. Aplikasi ini memiliki 2 versi yaitu "Publisher" dan "Home". Download yang "Publisher" aja karena memiliki fitur lebih lengkap. Download di sini . Setelah di download instal aplikasi ini di komputer.
  2. MobiPocket Reader. Ini sebagai aplikasi pembacanya. Instal aplikasi ini di HP atau PDA kamu. Download di sini . Jangan lupa download file installer yang sesuai dengan jenis ponsel atau PDA kamu. Bagi pengguna S60 v1 (3600, 3620, 3650, 3660, 6600, 7650, N-Gage, N-Gage QD, Siemens SX1) langsung aja download aplikasinya di sini. 
  3. HTML editor. Yang paling sederhana sih gunain aja Notepad bawaan Windows, tapi ga' apa-apa juga kalo mau pake aplikasi web editor kayak Dreamweaver.
Kalo semua tools diatas udah didownload dan diinstal, langkah pertama jalankan Mobipocket Creator. Pada bagian "Import From Existing File" klik "Text document". Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:

Langkah kedua, yaitu pada bagian "Import File Wizard". Isi semua informasi tentang lokasi file, folder tempat menyimpan file-file e-book yang dikerjakan, bahasa yang dipergunakan e-book tersebut, dan berbagai opsi lain yang dibutuhkan pada saat proses pengimporan file dilakukan. Isi semua informasi tersebut seperti gambar di bawah ini:

Kalo udah selesai, klik tombol "Import". Setelah tombol "Import" diklik, Mobipocket creator akan mengkonversi file yang semula berformat teks menjadi sebuah file dengan format HTML.

Langkah selanjutnya atau ketiga adalah mengedit file html tersebut dengan menambahkan beberapa tag yang akan digunakan oleh Mobipocket dalam proses pembuatan e-book nanti. Tujuannya biar e-book yang dihasilkan memiliki beberapa elemen seperti daftar isi, navigasi ke halaman isi, dan beberapa hal lainnya yang akan memudahkan pembaca e-book tersebut.

Untuk memulai pengeditan, klik nama file pada bagian "Publication Files" dan setelah itu klik "Edit with HTML editor". Kalo settingannya belum diotak-atik maka selanjutnya file tersebut akan dibuka dengan Notepad.

Setelah file dibuka dengan notepad, langsung ikuti langkah-langkah di bawah ini ya..
  1. Tambahkan beberapa tag yang akan menjadi halaman pertama setelah cover e-book tersebut. Caranya tambahkan tag-tag ini setelah tag <body> yang ada pada bagian paling atas :
    <h3 align="center" style="color:#FF9900">Kumpulan Humor</h3><p align="center">By blablabla</p><mbp:pagebreak/>
    <mbp:pagebreak/> adalah tag yang akan mengindikasikan MobiPocket bahwa baris setelah tag ini berada pada halaman berikutnya.
  2. Tambahkan beberapa link yang mengarah ke setiap judul yang ada pada file tersebut. Bagian ini akan menjadi daftar isi dari e-book tersebut. Caranya adalah dengan menambahkan kode berikut setelah kode pada no 1 diatas.

    <a name="daftarisi"><h4 align="center" style="color:#ff9900">Daftar Isi</h4></a><br/>

    <ol type="1"><li><a href="#1">Milih Hukuman</a></li>

    <li><a href="#2">Film Perang</a></li>

    <li><a href="#3">Suntik Tidur</a></li>

    <li><a href="#4">Ga' Bilang Siapa-siapa</a></li>

    <li><a href="#5">Kolam Ajaib</a></li>

    <li><a href="#6">Taruhan</a></li>

    <li><a href="#7">Sepatu Buaya</a></li>

    <li><a href="#8">Rambut Bokap</a></li>

    <li><a href="#9">Titanic</a></li>

    <li><a href="#10">Pendapat Para Ahli</a></li>

    <li><a href="#11">Terlalu Polos</a></li>

    <li><a href="#12">Kelinci dan Wortel</a></li>

    <li><a href="#13">Bertemu Tuhan</a></li>

    <li><a href="#14">Tarif Pejantan</a></li>

    <li><a href="#15">Permen Karet</a></li>

    <li><a href="#16">Berenang di Sungai</a></li></ol>


    Pada deretan kode diatas ada sebuah tag anchor <a name="daftarisi"> yang akan menjadi penanda bagi mobipocket bahwa keseluruhan kode diatas adalah bagian dari daftar isi.
  3. Selanjutnya setelah menambahkan kode pada no 2, maka setiap judul yang ada pada e-book tersebut juga harus di berikan tag anchor dengan nama anchor yang sama dengan tag anchor pada kode no 2. Jadi kalo pada kode diatas tagnya begini <a href="#1"> maka pada judul tagnya seperti ini <a name="1">. Biar lebih jelas contohnya seperti ini:

    -Milih Hukuman-<br/> ganti kode ini dengan kode di bawah ini

    <mbp:pagebreak/><a name="1"><h4 align="center" style="color:#FF9900">Milih Hukuman</h4></a>

    Untuk judul-judul berikutnya tinggal ganti aja kode yang berwarna hijau dengan nama anchor dan judul yang sesuai.
  4. Tambahkan satu buah tag anchor lagi pada judul paling pertama yang akan menjadi penanda bagi mobipocket bahwa bagian ini adalah halaman pertama pada bagian isi dari e-book. Kita namakan aja tag tersebut dengan "mulaibaca". Pada e-book ini kita akan meletakkan ini pada judul "Milih Hukuman". Tambahkan tag <a name="mulaibaca"> setelah tag <mbp:pagebreak/>. Hasilnya akan seperti ini:

    <mbp:pagebreak/><a name="mulaibaca"><a name="1"><h4 align="center" style="color:#FF9900">Milih Hukuman</h4></a>
Oke sekarang simpan editan tadi dan balik lagi ke MobiPocket Creator. Pada bagian "View", klik "Cover image" dan tambahkan sebuah gambar dengan mengklik tombol "add a cover image".

Ukuran gambarnya bebas terserah kamu. Format gambar yang didukung adalah JPEG, PNG, GIF, BMP. Setelah selesai klik tombol "Update".

Selanjutnya pada bagian "view" klik "metadata". Isi informasi-informasi tentang e-book yang kita buat pada bagian tersebut. Isi yang penting-penting aja seperti "title" dan "author", tapi kalo e-book ini nantinya akan kamu publikasikan isi juga data-data lain yang diperlukan.

Sekarang klik "guide" kemudian klik "New guide item" sebanyak 3 kali dan isi dengan data-data dibawah ini:

title: Cover
Type: other.ms-coverimage
filename: cover.png

title: Daftar isi
type: toc
filename: lucu.html#daftarisi

title: Isi
type: other.ms-firstpage
filename: lucu.html#mulaibaca


Kalo udah selesai tekan tombol "Update".

Langkah terakhir, tekan icon "Build" yang ada di barisan icon pada bagian atas aplikasi ini. Kemudian setting seperti gambar di bawah ini.

Setelah itu tekan tombol "Build" dan jika tidak ada kesalahan maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

He..he.. yang bikinan saya ada 1 warning. Warning tersebut disebabkan ukuran cover yang saya masukkan terlalu kecil. Tetapi ga' masalah karena ketika e-book tersebut saya buka di N-Gage QD hasilnya baik-baik aja. Oke balik lagi ke mobipocket, pada bagian ini kamu dapat mereview e-book yang kamu buat melalui "MobiPocket reader emulator" atau kalo e-booknya mau langsung di transfer ke HP klik aja "Open containing folder" dan tekan tombol "OK". Transfer file "lucu.prc" ke "[X]:/e-book/" di HP kamu.

Huh..Akhirnya selesai juga :D ... Semoga tulisan ini bermanfaat dan mohon koreksinya kalo terdapat kesalahan.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mantaaaaaabhhhhh......tenkiuu

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2011. All rights reserved | www.techiru.com is proudly powered by Style Logic | My_Creation